Rabu, 01 Februari 2017

Memasang Gagang Cangkul Dengan Benar

 Setiap petani wajib memiliki cangkul karena alat ini sangat penting kegunaannya, tanpa cangkul petani tak dapat menggali, membersihkan tanah dari rumput ataupun meratakan tanah tempat mereka bercocok tanam. Cangkul bagi petani sama pentingnya dengan balpoint bagi pegawai. Walaupun sekarang telah banyak diciptakan alat pertanian moderen, cangkul tetap sangat diperlukan.

Cangkul terdiri dari dua bagian, yaitu gagang dan mata cangkul. Cangkul akan berfungsi bila kedua bagian itu disatukan dengan baik. Disini saya akan menjelaskan cara memasang gagang cangkul dengan benar agar pada saat bekerja cangkul tidak mudah terlepas dari gagangnya. Sehingga waktu yang seharusnya dipergunakan untuk bekerja tidak akan terbuang untuk memperbaiki cangkul.

Pertama sekali carilah gagang dari kayu yang kuat dan kering, karena apabila kayunya kurang kuat cangkul akan mudah patah,  sedangkan bila kayunya masih dalam keadaan basah mata cangkul akan gampang terlepas bila nanti kayunya sudah kering. Potong gagang sesuai dengan panjang yang diinginkan, raut ujung sebelah bawahnya seukuran lubang mata cangkul, sisakan lubang untuk memasang pasak. Selanjutnya belah ujung gagang tersebut secara vertikal kira-kira sedalam 5 cm, lalu pasangkan gagang pada mata cangkul. Setelah gagang terpasang buatlah pasak atau baji sebanyak 2 buah, satu untuk gagang yang kita belah, satu lagi untuk lubang sisa gagang pada mata cangkul tersebut. Pasanglah pasak pada gagang yang terbelah lebih dahulu, lalu dipukul-pukul ke batu atau lantai semen agar menjadi padat, potong sisanya. Barulah terakhir pasang pasak yang satunya lagi, juga dipukul-pukul ke batu sampai padat dan pasak tidak bisa masuk lagi, lalu potong juga sisanya. Cangkul siap digunakan. Lubang pada mata cangkul biasanya membesar kebawah, jadi apabila dipasang pasak pada gagang yang dibelah membuat gagang tersebut ikut membesar ke bawah juga sehingga mata cangkul akan sulit terlepas dari gagangnya.

Demikian sekilas cara memasang gagang cangkul, semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat, selamat mencoba.






1 komentar: